-->

Bab I Makalah UAS Mikrotik

Tuesday, December 23, 2014

Bab I Makalah UAS Mikrotik

BAB I
PENDAHULUAN


1.1  Latar Belakang
            Jaringan komputer saat ini sangat dibutuhkan untuk menghubungkan berbagai instansi baik di bidang pemerintahan, pendidikan, bahkan di bidang bisnis sekalipun. Dimana banyak perusahaan yang memerlukan informasi dan data-data dari kantor-kantor lainnya baik dari rekan kerja, afiliasi bisnis, maupun konsumen. Dalam hal ini sering kali terjadi permasalahan pada jaringan komputer antara lain data yang dikirimkan lambat, rusak, tidak sampai tujuan, bahkan pada masalah keamanan. Oleh sebab itu, jaringan komputer memerlukan sebuah router.
            Router adalah sebuah perangkat yang akan melewatkan paket IP dari suatu jaringan ke jaringan yang lain. Dengan berbagai fasilitas yang dimiliki router, permasalahan pada jaringan komputer akan bisa terjawab. Namun, harga router tidaklah murah, hal ini sesuai dengan kinerja yang dihasilkan oleh router itu sendiri. Hingga ditemukanlah sebuah solusi yaitu sistem operasi yang dikhususkan untuk sebuah networking yang dinamakan dengan mikrotik router OS. Sistem operasi ini terbukti cukup murah dan handal dalam melakukan kerjanya sebagai router, seperti pengaturan gateway server, limit bandwidth, hingga pada hotspot. Karena tingginya permintaan dan kebutuhan routing Mikrotik, maka dirancanglah simulasi macam-macam konfigurasi RouterBoard Mikrotik untuk konfigurasi jaringan sebuah perusahaan yang memiliki beberapa departemen lebih dari satu.

1.2  Batasan Masalah
            Konfigurasi RouterBoard Mikrotik yang terdapat dalam laporan ini adalah konfigurasi untuk perusahaan yang memiliki departemen HRD dan Marcomm dan terbatas pada jenis konfigurasi bridge, static route, default route, RIP, OSPF, VPN, Firewall, dan QoS dengan Mangle.

1.3  Rumusan Masalah
            Bagaimana melakukan berbagai macam konfigurasi RouterBoard Mikrotik untuk jaringan satu perusahaan yang terdiri dari departemen HRD dan Marcomm.

1.4  Tujuan
Melakukan berbagai macam konfigurasi RouterBoard Mikrotik untuk jaringan satu perusahaan yang terdiri dari departemen HRD dan Marcomm.

1.5  Manfaat

Manfaat yang dihasilkan antara lain laporan dapat bermanfaat sebagai referensi pembangunan jaringan di perusahaan/instansi/lembaga kantor.