-->

Landasan teori definisi pemasaran

Tuesday, December 23, 2014

Landasan teori definisi pemasaran

II. Landasan Teori
2.1 Definisi Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 1997:8)
Definisi pemasaran mengandung beberapa konsep pokok yaitu kebutuhan, keinginan, dan permintaan, produk (barang, jasa dan gagasan) nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran dan transaksi; hubungan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.
Banyak yang mengatakan bahwa pemasar menciptakan kebutuhan atau pemasar membuat orang membeli barang yang tidak mereka inginkan. Sebenarnya pemasar tidak menciptakan kebutuhan tetapi kebutuhanlah yang menciptakan para pemasar tersebut. Pemasar, seperti juga pengaruh sosial lain mempengaruhi keinginan. Pemasar mungkin mengutarakan ide bahwa sebuah produk dengan merek tertentu dapat memuaskan kebutuhan seseorang akan status sosial tersebut. Pemasar mempengaruhi permintaan dengan membuat sebuah produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh konsumen yang dituju (Kotler, 1997:9).

Tujuan pemasaran adalah untuk membuat penjualan mencapai jumlah yang besar dan harapannya adalah untuk mengetahui dan mengerti pelanggan dengan sebaik-baiknya sehingga produk atau jasa yang ditawarkan mencapai kesesuaian (Kotler dan Amstrong, 1994:6).

===
Kotler, Philip dan G. Amstrong. Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall Internasional Inc., 1994.
Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol, Jakarta: PT. Prenhallindo, 1997.