II. Landasan Teori
2.1 Definisi Pemasaran
Pemasaran adalah suatu proses sosial
dan manajerial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan
produk yang bernilai dengan pihak lain (Kotler, 1997:8)
Definisi pemasaran mengandung
beberapa konsep pokok yaitu kebutuhan, keinginan, dan permintaan, produk
(barang, jasa dan gagasan) nilai, biaya dan kepuasan; pertukaran dan transaksi;
hubungan dan jaringan; pasar; serta pemasar dan prospek.
Banyak yang mengatakan bahwa pemasar
menciptakan kebutuhan atau pemasar membuat orang membeli barang yang tidak
mereka inginkan. Sebenarnya pemasar tidak menciptakan kebutuhan tetapi
kebutuhanlah yang menciptakan para pemasar tersebut. Pemasar, seperti juga
pengaruh sosial lain mempengaruhi keinginan. Pemasar mungkin mengutarakan ide
bahwa sebuah produk dengan merek tertentu dapat memuaskan kebutuhan seseorang
akan status sosial tersebut. Pemasar mempengaruhi permintaan dengan membuat
sebuah produk yang cocok, menarik, terjangkau dan mudah didapatkan oleh
konsumen yang dituju (Kotler, 1997:9).
Tujuan pemasaran adalah untuk
membuat penjualan mencapai jumlah yang besar dan harapannya adalah untuk
mengetahui dan mengerti pelanggan dengan sebaik-baiknya sehingga produk atau
jasa yang ditawarkan mencapai kesesuaian (Kotler dan Amstrong, 1994:6).
===
Kotler, Philip dan G.
Amstrong. Principle of Marketing. New Jersey: Prentice Hall
Internasional Inc., 1994.
Kotler, Philip, Manajemen
Pemasaran, Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Kontrol,
Jakarta: PT. Prenhallindo, 1997.