III. Metodologi
3.1 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan
dalam penelitian ini adalah metoda korelasional. Metoda korelasi merupakan
kelanjutan dari metoda diskriptive.
Melalui metode ini dapat dilakukan
pengumpulan data, kemudian menyusunnya secara sistematis, factual dan cermat
sehingga dapat menjelaskan hubungan diantara variabel-variabel dengan menguji
hipotesa atau melakukan prediksi (Rakhmat, 2002:27)
3.2 Definisi Operasional Variabel
Variabel bebas (X) = pengaruh anak
adalah dorongan psikologis yang diberikan anak dalam keluarga melalui
tahapan-tahapan tawar menawar, persuasi, hubungan emosional dan permintaan
pembelian suatu barang.
Variabel terikat (Y) = Keputusan
pembelian mobil keluarga adalah tindakan yang
diambil
sebuah keluarga untuk membeli mobil keluarga dengan melalui tahapan pemahaman
masalah, pencarian alternatif pemecahan, evaluasi alternatif, pembelian,
penggunaan pasca pembelian dan evaluasi ulang alternatif yang dipilih.
3.3 Konsep Operasional Variabel
Variabel
|
Dimensi
|
Indikator
|
Skala Pengukuran
|
Pengaruh Anak
|
1. Tawar - menawar
|
1. Membuat diri berprestasi untuk
meminta hadiah
2. Menawarkan perjanjian untuk
melakukan suatu hal tertentu.
3. Memberikan alasan yang masuk akal
agar keinginannya dipenuhi.
4. Kompromi/ bernegosiasi dengan
orang tua.
|
Likert
|
2.
Membujuk
(Persuasi)
|
1. Menyertakan orang lain untuk turut
mempengaruhi
2. Gigih untuk meminta secara
berulang-ulang.
3. Memberi informasi dengan jelas
mengenai kelebihan dari mobil keluarga.
4. Memberi informasi dengan jelas
mengenai keuntungan dari mobil keluarga.
5. Memberikan pendapat
6. Terus membujuk
|
||
3.
Emosional
|
1. Kecewa
2. Orang tua merasa bersalah
3. Memberikan perhatian yang
berlebihan.
|
||
4.
Permintaan
|
1. Meminta karena teman yang lain
sudah memiliki
2. Menunjukkan kebutuhan akan mobil
keluarga.
3. Menunjukkan keinginan mobil
keluarga
|
||
Keputusan Pembelian
|
1. Pemahaman/ Pengenanalan Masalah
|
1.
Memahami
adanya kebutuhan mobil keluarga waktu untuk efisiensi.
2.
Memahami
adanya kebutuhan mobil keluarga sebagai solusi sulitnya mendapatkan kendaraan
umum.
3.
Memahami
adanya kebutuhan mobil keluarga untuk mendapat kenyamanan saat berpergian.
4.
Memahami
adanya kebutuhan mobil keluarga untuk memperkuat tali kekeluargaan.
5.
Memahami
adanya kebutuhan akan keamanan.
|
Likert
|
2. Pencarian alternatif pemecahan
|
1.
Mencari
informasi melalui iklan
2.
Mencari
informasi melalui sales
3.
Mencari
informasi melalui teman
4.
Mencari
informasi melalui suami/istri
5.
Mencari
informasi melalui anak
6.
Mencari
informasi melalui kerabat
|
||
3.
Evaluasi Alternatif
|
1.
Memilih
mobil keluarga berdasarkan merek terkenal.
2.
Memilih
mobil keluaran berdasarkan fitur mobil yang sesuai dengan kebutuhan keluarga.
3.
Memilih
mobil keluarga berdasarkan resale mobil yang tinggi.
4.
Memilih
mobil keluarga berdasarkan suku cadang di pasaran.
5.
Memilih
mobil keluarga berdasarkan permintaan anak.
6.
Memilih
mobil keluarga berdasarkan tingkat keselamatan mobil yang tinggi.
|
||
4. Pembelian
|
1.
Pembelian
mobil keluarga untuk pertama kalinya menyertakan pendapat anak
2.
Keputusan
akhir pembelian mobil keluarga diputuskan bersama suami/istri dan anak.
|
||
5.
Penggunaan pasca pembelian dan evaluasi ulang alternatif yang dipilih
|
1.
Puas
dengan mobil keluarga yang telah dibeli
2.
Mobil
keluarga yang telah dibeli ternyata lebih baik dari yang diharapkan sebelumnya.
|
3.4 Populasi dan Sampel
Populasi yang diambil merupakan
warga perumahan Tamah Bougenville Estate, Bekasi. Perumahan ini dihuni oleh 325
kepala keluarga. Sampel yang dipilih adalah keluarga yang memiliki anak remaja
(13 – 18 tahun) dan memiliki mobil keluarga. Adapun jumlah sampelnya adalah 79
orang.
3.5 Metoda Pengumpulan Data
3.5.1 Data Primer
Data primer diperoleh dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner
digunakan dengan tujuan memperoleh informasi yang relevan dengan reliabilitas
dan validitas setinggi mungkin (Singarimbun dan Effendi, 1989:175)
3.5.2 Data Skunder
Data skunder diperoleh melalui kepustakaan seperti majalah,
jurnal dan lain-lain.
3.6 Metoda Analisis Data
Untuk mengetahui kuat tidaknya
hubungan antara pengaruh anak dalam pengambilan keputusan pembelian mobil
keluarga digunakan analisis korelasi.
Data yang telah terkumpul melalui
kuesioner diolah menggunakan program SPSS (Statistic Package for Social
Science) versi 12.0.
3.7 Waktu dan Lokasi Penelitian
Penelitian dilakukan tanggal 15 Mei
2008 s/d 15 Juni 2008. Lokasi penelitian di Taman Bougenville Estate – Bekasi.