-->

Contoh bab 3 metodologi penelitian

Tuesday, December 23, 2014

Contoh bab 3 metodologi penelitian

III. Metodologi
3.1 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metoda korelasional. Metoda korelasi merupakan kelanjutan dari metoda diskriptive.
Melalui metode ini dapat dilakukan pengumpulan data, kemudian menyusunnya secara sistematis, factual dan cermat sehingga dapat menjelaskan hubungan diantara variabel-variabel dengan menguji hipotesa atau melakukan prediksi (Rakhmat, 2002:27)

3.2 Definisi Operasional Variabel
Variabel bebas (X) = pengaruh anak adalah dorongan psikologis yang diberikan anak dalam keluarga melalui tahapan-tahapan tawar menawar, persuasi, hubungan emosional dan permintaan pembelian suatu barang.
Variabel terikat (Y) = Keputusan pembelian mobil keluarga adalah tindakan yang
diambil sebuah keluarga untuk membeli mobil keluarga dengan melalui tahapan pemahaman masalah, pencarian alternatif pemecahan, evaluasi alternatif, pembelian, penggunaan pasca pembelian dan evaluasi ulang alternatif yang dipilih.

3.3 Konsep Operasional Variabel
Variabel
Dimensi
Indikator
Skala Pengukuran



Pengaruh Anak
1.   Tawar - menawar
1.    Membuat diri berprestasi untuk meminta hadiah
2.    Menawarkan perjanjian untuk melakukan suatu hal tertentu.
3.    Memberikan alasan yang masuk akal agar keinginannya dipenuhi.
4.    Kompromi/ bernegosiasi dengan orang tua.
Likert
2.   Membujuk (Persuasi)
1.    Menyertakan orang lain untuk turut mempengaruhi
2.    Gigih untuk meminta secara berulang-ulang.
3.    Memberi informasi dengan jelas mengenai kelebihan dari mobil keluarga.
4.    Memberi informasi dengan jelas mengenai keuntungan dari mobil keluarga.
5.    Memberikan pendapat
6.    Terus membujuk
3.   Emosional
1.    Kecewa
2.    Orang tua merasa bersalah
3.    Memberikan perhatian yang berlebihan.
4.   Permintaan
1.    Meminta karena teman yang lain sudah memiliki
2.    Menunjukkan kebutuhan akan mobil keluarga.
3.    Menunjukkan keinginan mobil keluarga

Keputusan Pembelian
1. Pemahaman/ Pengenanalan Masalah
1.    Memahami adanya kebutuhan mobil keluarga waktu untuk efisiensi.
2.    Memahami adanya kebutuhan mobil keluarga sebagai solusi sulitnya mendapatkan kendaraan umum.
3.    Memahami adanya kebutuhan mobil keluarga untuk mendapat kenyamanan saat berpergian.
4.    Memahami adanya kebutuhan mobil keluarga untuk memperkuat tali kekeluargaan.
5.    Memahami adanya kebutuhan akan keamanan.
Likert
2. Pencarian alternatif pemecahan
1.    Mencari informasi melalui iklan
2.    Mencari informasi melalui sales
3.    Mencari informasi melalui teman
4.    Mencari informasi melalui suami/istri
5.    Mencari informasi melalui anak
6.    Mencari informasi melalui kerabat
3.  Evaluasi Alternatif
1.    Memilih mobil keluarga berdasarkan merek terkenal.
2.    Memilih mobil keluaran berdasarkan fitur mobil yang sesuai dengan kebutuhan keluarga.
3.    Memilih mobil keluarga berdasarkan resale mobil yang tinggi.
4.    Memilih mobil keluarga berdasarkan suku cadang di pasaran.
5.    Memilih mobil keluarga berdasarkan permintaan anak.
6.    Memilih mobil keluarga berdasarkan tingkat keselamatan mobil yang tinggi.
4. Pembelian
1.    Pembelian mobil keluarga untuk pertama kalinya menyertakan pendapat anak
2.    Keputusan akhir pembelian mobil keluarga diputuskan bersama suami/istri dan anak.
5.  Penggunaan pasca pembelian dan evaluasi ulang alternatif yang dipilih
1.    Puas dengan mobil keluarga yang telah dibeli
2.    Mobil keluarga yang telah dibeli ternyata lebih baik dari yang diharapkan sebelumnya.

3.4 Populasi dan Sampel
Populasi yang diambil merupakan warga perumahan Tamah Bougenville Estate, Bekasi. Perumahan ini dihuni oleh 325 kepala keluarga. Sampel yang dipilih adalah keluarga yang memiliki anak remaja (13 – 18 tahun) dan memiliki mobil keluarga. Adapun jumlah sampelnya adalah 79 orang.


3.5 Metoda Pengumpulan Data
3.5.1 Data Primer
Data primer diperoleh dengan penyebaran kuesioner. Kuesioner digunakan dengan tujuan memperoleh informasi yang relevan dengan reliabilitas dan validitas setinggi mungkin (Singarimbun dan Effendi, 1989:175)

3.5.2 Data Skunder
Data skunder diperoleh melalui kepustakaan seperti majalah, jurnal dan lain-lain.

3.6 Metoda Analisis Data
Untuk mengetahui kuat tidaknya hubungan antara pengaruh anak dalam pengambilan keputusan pembelian mobil keluarga digunakan analisis korelasi.
Data yang telah terkumpul melalui kuesioner diolah menggunakan program SPSS (Statistic Package for Social Science) versi 12.0.

3.7 Waktu dan Lokasi Penelitian

Penelitian dilakukan tanggal 15 Mei 2008 s/d 15 Juni 2008. Lokasi penelitian di Taman Bougenville Estate – Bekasi.